Selasa, 30 Juli 2013


Setelah program tambah daya gratis biaya penyambungan (BP) yang dikemas sebagai “Promo Lebaran” diluncurkan dan di- ekspose media, sepanjang dua hari kemarin banyak perta-nyaan dari pelanggan dan pega-wai PLN tentang program ini. Beberapa pelanggan ju-ga menyampaikan info bahwa setelah mendaftar di website atau menghubungi call center 123, mendapat jawaban bahwa
penerapan program tambah daya gratis BP ini harus beralih ke listrik pintar (prabayar). Artinya, seperti ada “syarat dan ketentuan berlaku”.
 
Juga ada pendapat dari internal, ka-rena program ini terlanjur dikemas sebagai promo lebaran, maka sebaiknya permintaan tambah daya sebelum lebaran bisa direalisasikan juga sebelum lebaran supaya pelang-gan benar-benar punya keleluasaan dalam menggunakan listrik pada hari raya tersebut. Namun sempat ada keraguan, apakah hal ini secara teknis memung-kinkan me-ngingat pada hari cuti bersama lebaran bank libur. Sementara penerbitan PK (perintah kerja) perlu menunggu proses rekonsili-asi antara P2APST dengan fihak bank.

Untuk mengetahui lebih de-tail tentang pro-gram tambah daya gratis BP ini, berikut petikan wa-wancara dengan Kepala Divi-si Niaga PLN, Benny Marbun di sela-sela kesibukannya yang padat.

Tanya : Untuk pelanggan pascabayar yang mengajukan tambah daya namun tetap ingin dila-yani dengan meter pas-cabayar apakah diper-bolehkan?

Jawab : Kami menerima masukan dari kawan-kawan baik dari unit-unit maupun kantor pusat. Kami sangat berterima kasih atas masukan-masukan yang sangat baik tersebut. Ada yang meminta agar untuk tambah daya sebaiknya langsung dimigrasikan sekalian ke prabayar, ada juga yang menghen-daki pelanggan tetap diper-bolehkan menggunakan meter pas-cabayar. Semua baik dan masing-masing ada argumen yang masuk akal.

Kami memperhatikan masukan-masukan tersebut dan memper-hatikan bahwa program Promo Lebaran 2013 ini tujuannya untuk memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk memakai listrik lebih besar pada saat lebaran. Karenanya, kami akan buka juga kemungkinan tambah daya dari "pascabayar" ke "pascabayar". Hanya saja, kalau pascabayar ke pas-cabayar harus ada pembayaran/penyesuaian UJL

Jadi, dalam proses tambah daya gratis BP ini, dimungkinkan tambah daya ke 1300, 2200, dan 3500 VA untuk:
- Pascabayar tetap pascabayar, atau 
- Pascabayar migrasi ke prabayar, dan 
- prabayar tetap prabayar.

Mohon unit-unit segera menyiap-kan stock MCB 6A, 10A, dan 16A, meter listrik pin-tar dan pelaksana pemasangan, terutama men-jelang hari H leba-ran.

Tanya : 
Ada yang mendaftar tam-bah daya melalui website PLN, teta-pi diharuskan migrasi ke prabayar….

Jawab :
Permintaan tambah daya pascabayar ke pascabayar melalui call center untuk proses lanjut di AP2T tidak ada masalah. Untuk layanan di website memang awalnya masih kita batasi untuk yang sekaligus migrasi ke prabayar saja. Namun, agar promo ini terasa manfaatnya bagi pelanggan, layanan melalui website juga dibuka khusus Promo Lebaran untuk tambah daya dari pascabayar ke pascabayar.

Tanya : 
Pelanggan mendaftar tambah daya dan melakukan pembayaran token di ATM tanggal 2 Agustus 2013. Apakah tambah daya bisa dilakukan sebelum leba-ran mengingat kebutuhan listrik pelanggan saat lebaran meningkat dengan berkumpulnya sanak kerabat?

Jawab : 
Kembali ke tujuan program promo ini yaitu untuk memberikan keleluasaan kepada pelanggan dalam menggunakan listrik pada hari lebaran. Karena itu permintaan pelanggan sebelum lebaran ini harus bisa dieksekusi segera agar pelanggan benar-benar bisa merasakan manfaat program ini pada hari raya lebaran. Untuk itu agar diupayakan perintah kerja (PK) bisa dicetak tanpa menunggu proses rekonsi- liasi bank yang tutup pada hari cuti bersama. Memang dalam kondisi normal, setiap pelunasan tagihan secara on line harus me-lalui proses rekonsiliasi antara P2APST dengan bank, sehingga PK baru bisa dicetak pada hari n+1 (keesokan harinya). Jika mengacu pada SOP kondisi nor-mal tersebut maka permohonan dan pembayaran pada hari Jum’at tanggal 2 Agustus 2013 baru bisa dilayani paling cepat 13 Agustus 2013 karena pada tanggal 3-11 Agustus 2013 bank tutup.

Namun karena ini kondisi khusus dan sedang ada promo lebaran, maka ditetapkan agar unit tidak perlu menunggu rekons dengan bank. Kita anggap data di sisi PLN sudah benar dan bisa langsung dilayani supaya keleluasaan menggunakan listrik benar-benar dirasakan pelanggan pada hari leba-ran. Hal-hal teknis terkait ini telah kami bicarakan dengan kawan-kawan unit.

Semua unit pelaksana agar menetapkan piket khu-sus layanan tambah daya selama libur tanggal 3-11 Agustus 2013, untuk membuka AP2T guna mengetahui bahwa ada permohonan atas perubahan daya yang harus segera dieksekusi pelaksanaan penggantian MCB-nya melalui koordi-nasi dengan vendor **).

P2APST : Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat
AP2T : Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat



0 comments:

Posting Komentar