Selasa, 25 Juni 2013








Optimis Turunkan Tunggakan SEHEN
Hallo...! Sahabat setia untuk kemajuan!!! Mohon siapa pun yang berhasil membaca email ini agar mereply bahwa sudah menerima ini dan mengingatkan sahabat setia terdekatnya utk membuka emailnya, bagi sahabat yang sudah terbiasa membuka email tetapi ada sahabat disamping atau satu ruangan atau bawahan bahkan atasannya yang belum pernah atau belum bisa membuka agar saling mengingatkan dan saling belajar utk membuka, membaca, membalas atau mengomentari email dari gruop ini. SEHEN dengan Permasalahannya dan Niat mulia yang memerlukan upaya keras utk meletakkannya dan menyajikannya dengan baik sehingga menjadi kebaikan bagi semua. Pencapaian Target Tunggakan SEHEN yang sudah disepakati Manajemen NTT (Wil, Area, Rayon) dengan Direksi pada bulan April '13 harus turun 50 % dari saldo tunggakan SEHEN per 29 April '13 yaitu Rp 4.733.196.000 menjadi Rp 2.366.598.000. Pilihannya adalah mengoptimalkan dan memberdayakan semua potensi dan sumber daya yang ada baik Karyawan PLN, OS, petugas tambahan dari Wilayah aparat desa dll.Setelah genderang Perang Tunggakan SEHEN di tabuh para Pasukan menyatukan tekad dan semangat serta strategi dan tindakan penagihan, pembenahan AIL dan data di DIL serta lapangan mulai disisir, Rekan2 Rayon dan Bagian P&A sudah berupaya dengan beberapa upaya dengan hasil yang cukup baik tetapi belum memberikan tanda2 dapat tercapainya Target dimaksud di atas, Memperhatikan keadaan tersebut Rekan2 sekalian dimohon kepedulian dan pemikiran serta tindakan nyata kita bersama secara TOTAL utk menyelesaikan permasalahan SEHEN yang sdg kita hadapi ini.Pada tgl 28 Mei '13 yang lalu MArea dan Asman P&A berkunjung ke Rayon Oesau utk mengenergize rekan2 yang ada di sana, melihat hasil yang dicapai rekan2 Ryn Oesau sudah cukup baik, tetapi dari hasil diskusi kami saat itu masih banyak potensi yang bisa diupayakan utk mendongkrak perolehan penurunan Tunggakan SEHEN di sana, seperti koordinasi dengan petugas yg diperbantukan Wil ke Rayon Oesau blm terkoordinasikan dengan baik, tetapi kita optimis Rayon Oesau pasti Bisa mencapai dibawah target pada tgl 20 Juni '13(< Rp 684.477.500) dengan Komandan lapangan Pak Wahab yang bijaksana dan penuh tanggungjawab itu.Pada tgl 30 Mei '13 dibentuk Bapak asuh masing2 Rayon utk mendukung, mengenergize, membantu rekan2 yang ada di Rayon utk menyelesaikan permasalahan Tunggakan SEHEN tersebut, dan rekan2 yang lain dapat menjadi volunteer (sukarelawan) utk membantu rekan di Rayon.perolehan pelunasan harian yang relatif selalu baik kita yakin tetap fokus utk mengoptimalkan semua sumber daya dan upaya utk lampaui target yang ditetapkan.
Pada tgl 31 Mei '13 MArea dan Tim pengasuh Rayon Oesao dan Soe berkunjung ke Rayon Soe utk mengenergize rekan2 yang ada di sana, mengingat bahwa Nakoda Ryn Soe msh baru (Pak Rai) tentu msh mengambil ancang2 utk mengambil lompatan jauh ke depan dengan semangatnya yang berapi-api dan Tim di Soe sdh relatif solid dan dari pertemuan tersebut banyak hal yang di share terkait persoalan dan permasalahan di lapangan dan kita sdh putuskan utk mengambil langkah taktis utk menyelesaikan problem penekanan Tunggakan SEHEN yg pada saat ini Ryn Soe menduduki peringkat tertinggi dan kita Optimis akan bisa mencapai dibawah target pada tgl 20 Juni '13(< Rp 676.115.500), melihat hasil yang sudah rekan2 Ryn Soe peroleh memang belum menggebirakan tetapi mereka sdh mengambil ancang2 akan menyalip Ryn Oesau dan bahkan Rote Ndao pun berpeluang di salip yang sudah duluan merontokkan tunggakan Sehen di Rote Ndao dengan nakhoda barunya bpk Ruben bagaikan buldoser meluluhlantakkan permasalahan dan tunggakan SEHEN dari Rp 1.063.790.000. menjadi Rp 723.870.000 (31 Mei '13) penurunan tertinggi. Bagaimana selanjutnya Rekan2 Rayon Rote, Kefa, Atambua, dan Kalabahi? Kita tunggu dan lihat geliat bapak Asuhnya dan Komandan lapangan masing-2 minggu depan seperti apa kiat dan gebrakan mereka utk menyemangati dan mengenergize Rayon Asuhannya sehingga dapat melampaui target yang disepakati, Walaupun MArea belum berkunjung ke sana tetapi melihat pergerakan perolehan pelunasan harian yang relatif selalu baik kita yakin tetap fokus utk mengoptimalkan semua sumber daya dan upaya utk lampaui target yang ditetapkan.Melihat perolehan di atas satusatunya rayon yang malah naik adalah Kefamenanu Ayo bapak Asuh dan Tim Kefamenanu yang dikomandani pak Anan tuntaskan dan tetap semangat Ayo kita cari Cara baru utk menyelesaikan Tunggakan SEHEN dengan segala permasalahannya, Ayo Tim OPI tunjukkan RCPS mu dan dahsyatkan penurunan dan peyelesaian Tunggakan SEHEN dan permasalahannya
Salam NTT SMILE, KUPANG PINTAR dan Dahsyat hitler


Agar 1 Visi di Semester 2 Tahun 2013
Semester 1 (satu) tahun 2013 akan segera berkahir, apakah kita sudah mencapai target yang diberikan perusahaan?. Apakah kita sudah melampaui target yang diberikan, seperti motto direktorat indonesia timur “melampaui harapan di tahun pembuktian? Atau sebaliknya?. Apakah sobat JAGUNG sudah bekerja optimal pada perusahaan?. Mungkin lebih pas seperti ini, apa yang sudah sobat berikan pada PLN Area Kupang untuk mencapai target target KPI yang ada?. Tidak semua dari kita tau apa target yang harus dicapai pada tahun 2013. Tim OPI Area Kupang telah membuat visual management KPI untuk kinerja pada tahun 2013, Jika sobat setiap pagi menjulurkan jarinya disebuah kotak absen maka disebelah kananya terdapat visual management KPI serta bullet proving perbidang tujuannya adalah agar kita 1 visi, 1 gerakan dan 1 hati untuk mencapai dan memberikan konstribusi pada perusahaan yang kita cintai ini. Kita masih punya kesempatan sobat untuk melampaui harapan di tahun pembuktian. Maka dari itu pada email di milis opi.kupang@pln.co.id Manajer Area Kupang telah memaparkan program area kupang untuk semester 2 2013. Diantaranya adalah Turunkan gangguan TM Menjadi ........ Turunkan Tunggakan menjadi ....dan menuju nol di akhir tahun 2013, Susut dibawah target, Percepatan pasang baru, perubahan daya menjadi 3 hari untuk SR, 5 Hari jika ada perluasan SR, 25 Hari jika ada perluasan JTR dan 75 hari jika ada perluasan JTM dan yang terakhir adalah peningkatan sikap pelayanan.(Vry).

PLN 123 dan OPI 123
Jargon 123 di PLN siapa yang tidak kenal?. Langsung teringat ke call center 123 ya. Ngomong ngomong kalau pelanggan kita sedang mengalami gangguan atau keluhan listrik dan rekening maka kita bisa arahkan untuk menghungi call center kita di (0361)123. Nah kalau 123 di OPI seperti apa lagi ya?, kalau bahasa kupangnya “karmana lai ini?”. Jika sobat jagung sering membaca tulisan pak Ngurah adyana atau bahkan pernah mengikuti pelatihan leadership dengan beliau atau pernah bertanya ke OPIers di Jawa-Bali, pasti sudah tau dan kenal dengan teori kepimimpinan 123. Apa itu? Nah disini kita kasih tau. Perhatikan baik baik. 1 (satu) to be number one, jadilah yang nomor satu, jangan mau jadi yang kedua, kalau pernah nonton film india “three idiot” pasti kenal dengan nama mr.virus, rektor intitusi ICE tempat rancho, raju dan farhan kuliah. Virus berkata “neil amstrong adalah orang yang pertama menginjakkan kakinya dibulan, dan neil terkenal karena dia yang pertama bahkan orang yang kedua menginjakkan kakinya dibulan kita pun tidak tau karena tidak terkenal, maka dari itu jadilah yang pertama”.
2 (dua) thinks two steps ahead ur position, berfikir dua tingkat diatas posisi sobat saat ini. Misal sobat sekerang adalah staff biasa maka sobat harus berfikir seperti asman, bayangkan saja sobat saat ini adalah seorang asman apa dan tindakan yang harus sobat lakukan. Adanya target yang harus dicapai dan adanya tanggung jawab besar terhadap target target tersebut. 3 (tiga) anticipate three steps behind, mengantisipasi tiga langkah kebelakang. Ada pepatah yang mengatakan, sebelum bertindak maka berfikirlah dengan matang, dalam format yang lebih formal sering kita baca, mengingat, menimbang dan memutuskan agar supaya semua tindakan, kebijakan, action yang kita lakukan sudah matang dan teruji dan kita layak dikatakan sebagai seorang pemimpin bukan pemimpi !!.(Vry).

Banyak sekali program dan kegiatan yang dilaksanakan berkaitan dengan perubahan dan kepemimpinan di PT.PLN (Persero) salah satunya adalah OPI. Agar OPI berjalan dengan mulus dan ada sebuah program andalan di jawa-bali yang disebut dengan LE4ECI memiliki kepanjangan Leadership Engine 4or Excecution Capability Improvement. Program ini bertujuan untuk perbaikan kinerja operasi berkelanjutan sehingga diperlukan peningkatan kinerja kepimimpinan bag para manajer di unit pelaksana. Program ini juga akan dimulai di PLN NTT. Mengenai program LE4ECI ini redaksi mendapatkan referensi dari buletin “BAKSO SALATIGA” edisi mei 2013. Program LE4CI meliputi tiga hal yaitu : Memimpin diri sendiri, Memimpin Rekan Kerja dan yang terakhir adalah Memimpin Unit. Metoe yang sama di OPI seperti bootcamp juga diterapan di LE4CI. Sobat penasaran? Ikuti terus edisi JAGUNG BOSE berikutnya.

PDKB PUNYA CERITA LO
Berawal dari Rapat Kinerja PT PLN (Persero ) Wilayah Nusa Tenggara Timur pada Akhir Bulan Desember 2010 di Hotel Kristal Kupang yang memutuskan untuk membentuk 1 (satu) Regu PDKB Berjarak Tegangan Menengah di Cabang Kupang yang merupakan tindak lanjut dari Instruksi Komisi PDKB Pusat bahwa di Tahun 2011 supaya seluruh PLN Kantor Induk ( Distribusi dan Wilayah ) sudah ada Tim PDKB-TM minimal 1 (satu ) Regu. Menindaklanjuti keputusan tersebut PT PLN (Persero) Cabang Kupang pada Bulan Februari 2011 mulai menyeleksi personil ke Ranting – Ranting wilayah kerja Cabang Kupang dan pada tahap pertama di seleksi 6 (enam) orang yang di plot sebagai Penyelia PDKB yaitu : I Putu Eka Widarma ( Ranting kalabahi), Arif Budiman dan Yohanes F Lay ( Rayon Kupang ) , Swarjana P Arya ( Ranting Atambua ) , Yoggi E Benu ( Ranting Kefamenanu) dan Rychard L.B Milla ( Ranting Soe ) dan selanjutnya diberangkatkan ke Udiklat Semarang untuk di gembleng sebagai Penyelia Tim PDKB-TM Metoda Berjarak ,berselang 2 (dua ) minggu kemudian di seleksi lagi sebanyak 6 (enam) orang sebagai Pelaksana Tim PDKB-TM yaitu : Ari Adriansyah Bayan ( Ranting Kalabahi ), Melianus Tefu ( Pusat Listrik Kupang ), Yosef Levi dan Marzuki N Nato ( Area FBB ) Mario R Seran ( Sub) Rtg Aimere FBT
dan Stevan J. Letik ( Ranting Lembata FBT ) jadi 1 (satu) Tim Lengkap sebanyak 12 (dua belas ) orang dididik dan dilatih oleh Instruktur Berpengalaman selama 10 Minggu sejak tanggal , 13 Maret s/d 20 Mei 2011. Setelah kembali ke Unit Masing- masing proses selanjutnya adalah melaksanakan On Job Training ( OJT ) dikarenakan belum memiliki peralatan kerja maka berdasarkan evaluasi dan pertimbangan Bidang SDM Kantor Wilayah maka diputuskan untuk melaksanakan OJT di PT PLN (Persero) Distribusi Bali, maka Tim PDKB Cabang Kupang berangkat ke Bali untuk melaksanakan OJT selama 1 (satu) Bulan sejak tanggal 12 Juni s/d 12 Juli 2011 ,selama di Bali Tim dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok masing2 terdiri dari 4 personil ( 2 Penyelia dan 2 Pelaksana ) ,Kelompok 1 ( I Putu Eka Widarma, Yohanes F lay , Melianus Tefu dan Mariao R Seran ) melaksanakan OJT di Area Bali Selatan , kelompok 2 ( Arif Budiman, Swarjana P Arya , Marzuki N Nato dan Yosef Levi ) melaksanakan OJT di Area Bali Utara dan kelompok 3 ( Yoggi E. Benu, Rychard L.B.Milla, Stevan J Letik dan Ari A. Bayan ) melaksanakan OJT di Area Bali Timur , proses OJT berjalan lancar berkat bantuan dan dukungan PDKB TM PLN Distribusi Bali yang sangat welcome menerima dan mengajari kami sampai selesai melaksanakan OJT dan membuat laporan OJT untuk dilaporkan ke Komisi PDKB di PLN Pusat, setelah itu kami kembali ke Unit Masing2 .
Proses selanjutnya adalah Ujian Sertifikasi PDKB TM, berhubung peralatan kerja belum juga diadakan maka untuk kelancaran Ujian Sertifikasi setelah berkonsultasi dengan MSDM PLN Wilayah NTT maka disepakati untuk meminjam Peralatan PDKB dari PLN Distribusi Bali sekaligus Pendamping dari PDKB Bali sebanyak 2 (dua) orang . ujian Sertifikasi PDKB TM dapat dilaksanakan pada tanggal. 8 – 10 Agustus 2011 dan Kami semua dinyatakan Lulus serta berhak untuk mendapatkan Briefet PDKB-TM dan sudah diperbolehkan untuk melaksanakan Pekerjaan PDKB. Selesai sertifikasi kami kembali ke unit masing2 untuk di panggil kembali/ di pindah tugas ke Cabang Kupang sebagai Regu PDKB-TM Cabang Kupang . Pada Bulan Oktober 2011 kami sudah berkumpul di Cabang Kupang untuk dijadikan regu PDKB , pada waktu itu Peralatan Minimum yang dibeli sudah datang dan setelah kami periksa ternyata banyak peralatan yang tidak sesuai dengan kami dan ada juga peralatan yang tidak cocok apabila dikombinasikan , hal ini sudah kami laporkan langsung ke assman distribusi Kendala lainnya adalah : belum adanya Ruangan untuk PDKB ( Ruang Peralatan dan Ruang Personil ) dan juga belum memiliki Mobil Peralatan dan Mobil personil sehingga kami belum bisa mulai untuk bekerja, pada Bulan Januari 2012 seiring dengan perubahan organisasi dan perampingan jabatan maka kami diberi ruangan di belakang ( Gedung 2 ) bekas bagian Niada dan APP disini kami mulai berbanah mengatur ruangan alat dan personil dan pada Bulan Mei 2012 baru datang Mobil Peralatan yang khusus di desain untuk PDKB , dan setelah mengurus surat2 dan kelengkapan lainnya pada Bulan Juni Mobil tersebut sudah dapat kami pergunakan untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan karena tempat duduk terbatas untuk 6 orang maka sisanya 6 orang lagi terpaksa duduk dengan merunduk atau rebahan di bagian belakang Mobil yang merupakan tempat peralatan itu tidak menyulutkan semangat kami untuk segera memberikan yang lebih kepada Perusahan yang kami cintai.

1 comments:

  1. PLN AREA KUPANG.... PINTAR DAN DAHSYAT.... (^_^)9
    cayooooooooo.....

    BalasHapus