Selasa, 25 Juni 2013







Dahsyatkan Kantor Pusat dengan Semangat JAGUNG BOSE Area Kupang
Hai sobat OPI yang ter”Dahsyat”. Mungkin sebagian kita ada yang bertanya-tanya apa dan kenapa ada buletin JAGUNG BOSE ini. Semangat JAGUNG BOSE ini berawal dari acara penyampaian progress report journey 1 OPI Area kupang. Acaranya dilaksanakan di PLN Kantor pusat pada selasa tanggal 7 mei 2013 lalu. Nah, disitulah muncul ide dari kami untuk menerbitkan buletin JAGUNG BOSE. Kenapa harus JAGUNG BOSE? Jawabanya mudah, kita semua tau dan paham makanan pokok orang-orang NTT bukan?, yaitu jagung. Salah satu kekayaan kulinernya orang NTT adalah pengolahan jagung menjadi jagung bose yang enak, lezat dan nikmat. Betul ko sonde?? coba deh sobat cari di google, banyak banget ni bercerita tentang si jagung bose, bangga donk kita sebagai orang NTT punya kuliner selezat ini. upss tunggu dulu, sobat tau gak?, kenapa kami menjadikan si jagung bose ini sebagai jargon OPI Area Kupang, karena sebenarnya ada kepanjangannya lo. Ini kita kasih tau ke sobat. JAGUNG BOSE adalah kepanjangan dari Jadilah Generasi pln UNGgul Bersinergi Oriented Success dan Energjik. Gimana kerenkan? hhe.. tapi kalau ada masukan atau sanggahan boleh loh, kirim aja ke forum kita di : opi.kupang@pln.co.id Mari!!, kita sukseskan buletin ini sebagai wadah Knowledge sharing kita di Area kupang, Ini Kuncinya : bagi yang tau harus ngasih tau ke yang belum tau, dan bagi yang belum tau bisa bertanya ke yang sudah tau, jadi kita sama-sama tau dan sama-sama PINTAR sesuai motto Area Kupang, betul ko sonde??.
Tanya kenapa? lo kenapa. Pertanyaanya, bolehkah kita panggil sobat terDHASYAT luar biasa PINTARnya dengan sebutan sobat jagung, karmana? boleh lah ya..hehe,
Sobat jagung yang PINTAR. Tim OPI Area Kupang telah menyelasaikan tahap diagnostic, design dan delivered pada seluruh elemen di OPI, namun deployment OPI ke unit unit tidak berhenti sampai disitu saja dan akan terus berlanjut sobat jagung, namanya juga continiutas improvement yaitu perubahan yang berkelanjutan. Tim OPI bersama sama sobat jagung semua akan bersinergi untuk menjadikan perusahaan kita menjadi perusahaan kelas dunia. Maka dari itu pada hari selasa kemaren kita diundang untuk menyampaikan progress journey 1 kita dihadapan PMO (Program Management Officer) OPI Bapak Hananto sebagai inisiatornya. Kami dari Area Kupang mempresentasikannya dihadapan sobat sobat lain dari Manado, Jayapura dan Ambon. Kami menyampaikan seluruh kegiatan OPI yang ada di area kupang, mulai dari smile pagi di Area, smile pagi di Rayon dan smile pagi perbidang serta tidak lupa kami sampaikan progress pelaksanaan initiative charter di Area Kupang baik yang sudah terlaksana atapun yang belum terlaksana. Dari hasil pertemuan itu sobat kami-pun dimintakan untuk terus bekerja, bekerja dan bekerja untuk mendeploy seluruh initiative charter yang belum terlaksana dan akan kita selesaikan pada journey 2 2013 tentunya kita akan bersinergi bersama sobat jagung semua.

TS
Sobat Jagung yang DAHSYATT. Di kantor pusat lalu kami memaparkan salah satu program quick win Area Kupang dari elemen Technical System. Sobat tau tidak programnya apa? Heh..ni kita kasih tau ke sobat. Quick win kami bernama PERANG KOBUT yang mana pada kesempatan lalu sudah pernah dikirimkan selembar tulisan oleh salah satu local coach OPI kita kepada sobat sekalian.
Jadi sobat sudah paham tentang PERANG KOBUT ini kan?. Perang yang merupakan salah satu terobosan Area Kupang untuk menekan gangguan yang terjadi pada sisi SR dan APP. Kita tau bersama konstribusi gangguan terbanyak pada sistem kita ialah karena gangguan KOnektor BaUt (KOBUT) di SR dan APP (pareto tim OPI 2012). Dari hasil analisa pareto sobat, gangguan sr akibat konektor baut berkonstribusi nyaris 50 % terhadap gangguan total di sistem kita sobat. Makanya sobat banyak sekali laporan gangguan yang masuk di APKT kita dan tentunya merepotkan teman teman kita dilapangan untuk menaanganinya. Maka dari itu dicanagkanlah program penggantian konektor tipe baut ke tipe press di Area Kupang.
Dari hasil tracking tim technical system sobat ternyata program yang kick off pada awal tahun 2013 ini mampu mengurangi jumlah gangguan yang diakibatkan oleh kerusakan konektor di bulan yang sama di tahun 2013. Pada tahun 2012 di bulan februari sampai april terjadi 971 kali gangguan sedangkan pada tahun 2013 ini, di bulan februari sampai bulan april terjadi 649 kali gangguan. Give Big Applause untuk pencapaian kita. Namun jangan berbangga dulu sobat kita perlu tingkatkan amunisi perang kita ini dengan mengganti diseluruh titik yang dianggap kritis terutama pada JTM, Gardu, JTR dan SR. Karena PERANG KOBUT ini baru dideploy di Rayon kupang, maka kedepannya rayon lain tentu akan melakasanakan perperangan yang sama sobat. Tergantung kesiapan komandan perang kita yang diatas dan kesiapan pasukan perang serta ketersediaan amunisi kita sobat, seperti ketersediaan konektor press, tang press dan sdm yang mampu melakukannya. Betul ko sonde? gimana sobat , tertarik ko tidak ?

MI
Dengan VISUM akan memudahkan manajemen hingga fronline untuk bekerja dan bekerja
Sobat OPI yang terdahsyat, pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa itu visual management atau biasa kita singkat visum. Salah satu materi pada Bootcamp 2 OPI adalah berisi tentang visum ini. Secara istilah visual management ini berarti alat yang mengkomunikasikasikan informasi yang relevan dalam rangka mengarahkan tindakan yang korektif. Visum memudahkan seluruh pegawai, baik itu tingkat manajemen sampai fronline untuk melihat permasalahan atau bahkan target apa yang akan dicapat di unit tersebut. Sehingga semua orang bisa terlibat dan mampu terlibat untuk menyelasaikan permasalahan yang ada, itulah penjelesan singkat dari kami tentang visum, apakah di rayon tempat sobat bertugas sudah ada visumnya?. Sebagai contoh sobat bisa mengadop visum dari kantor Area Kupang. Langkah awal yang harus sobat dahsyat lakukan adalah melakukan pemetaan posisi dimana visum itu dipasang. Kuncinya adalah mudah dilihat, tempatnya strategis dengan maksud pada saat sobat ataupun sobat sobat dahsyat lainnya datang ke kantor yang dilihat adalah visum itu sehingga sobat bekerja sesuai dengan target yang ada di visum dan ke”ingettt teruss”..kayak pacar aja ya sobat diinget terus,hehe.
Di kantor Area Kupang sendiri rencananya akan dilakukan perluasan pemasangan visum pada tempat tempat yang strategis dan juga mengupdate visum visum yang sudah ada. Seperti gambar diatas berikut sobat, yang warna merah itu adalah visum eksisting kami sobat dan kami mengambil posisi tepat di depan pintu masuk dan sekitarnya, yang warna biru adalah rencana perluasan visum kami sobat dan tentunya lokasinya juga gak kalah strategisnya.
Mungkin sobat OPI semua bertanya apa aja sih yang harus ditampilin pada visum, nah that the point sobat. Sobat boleh berkreasi disni untuk menampilkan visum di unit sobat, yang penting tidak keluar dari batas kewajaran sobat. Misal sobat membuat visum kinerja, gangguan penyulang, visum visi misi pln dan visum motivasi, banyak hal sobat. Sebagai awal sobat bisa mengadop visum yang sudah ada di kantor area kupang seperti gambar gambar dibawah ya sobat!! Ditunggu kreasi visum dari sobat.

MCL
8 Hambatan dan Evaluasi OPI Indonesia Timur menurut leader OPI
Pada saat presentasi di PLN Pusat minggu lalu, dibahas mengenai apa saja hambatan yang dialami oleh tim local coach OPI terhadap pelaksanaan program OPI di unit yang telah ber OPI. Masing masing leader OPI di setiap unit memaparkan hambatan hambatan yang dialami. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kesalahan ddidalam memilih local coach, belum tentu yang dipilih itu berkompeten untuk menjalankan program program OPI atau bahkan yang dipilih itu malas dalam melaksankan kegiatan kegiatan OPI
  2. Sebagian Manajemen tidak atau kurang memahami OPI dengan baik. Hal ini ada benarnya juga sobat, karena pada saat diklat OPI diberangkatkan adalah local coach non struktural jadi seolah olah hanya seperti diklat biasa.
  3. OPI belum masuk di KPI, sehingga sebagian TOP management menganggap OPI menjadi tugas sampingan.
  4. Secara umum local coach adalah angkatan muda pilihan, yang notabenya memiliki beban kerja yang sudah sangat tinggi sehingga menimbulkan boring, kecapekan dan akhirnya demotivasi.
  5. Pada saat design dan delievered banyak struktural yang tidak mau terlibat khususnya pada saat pelaksanaan FGD, sehingga local coach berjalan sendiri dengan minim pengalaman dan akhirnya menghasilkan inisiatif strtaegis yang kurang akurat.
  6. Sebagian strukstural/management menganggap OPI menjadi tugas local coach
  7. Tidak sedikit Area gagal dalam melaksanakan OPI karena inisiatf yang dihasilkan local coach pada saat delivered terhenti karena struktural yang ada tidak ikut membantu mengeksekusi.
  8. Sebagian unit hanya fokus pada mainstream technical system OPI, untuk MCL dan MI kurang dikelola dan diukur progressnya dengan baik, padahal stream OPI yang paling utama adalah MCL dan MI.

0 comments:

Posting Komentar