Rabu, 03 Oktober 2012

Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati.
Jika seseorang menderita hepatitis, yang merupakan peradangan pada hati atau liver ini, dapat menghancurkan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain.
Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.
Rusaknya fungsi hari atau liver ini dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.
Ada 5 macam virus hepatitis yg dinamai sesuai abjad, kelima virus itu adalah:
  • virus hepatitis A (VHA)
  • virus hepatitis B (VHB)
  • virus hepatitis C (VHC)
  • virus hepatitis D (VHD)
  • virus hepatitis E (VHE)
Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.
Virus yang paling banyak menjangkiti manusia adalah VHB, penyebab hepatitis B. Diperkirakan 1 dari 3 orang yang ada di bumi pernah terinfeksi. Sekitar 350 juta hidup dengan virus mengendap pada tubuhnya dan berpotensi menulari orang lain.
Sekitar 78% pengidap hepatitis menimpa penduduk Asia dan pulau-pulau di daerah Pasifik. Virus ini menyebabkan kematian sedikitnya 600.000 orang per tahun.

Penyakit Liver adalah penyakit hati menahun / kronis yang ditandai dengan proses peradangan, nekrosis (kematian jaringan) hati, penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan – gumpalan / pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.
Penyebab penyakit liver, itu biasanya karena Virus, Jamur beracun, bakteri yang meracuni liver, alkohol. Melihat penyebab penyakit liver di atas ada salah satunya adalah karena alkohol, Nah bila Alkohol masuk ke dalam tubuh kita bisa berakita terjadinya penyakit liver. Seseorang yang suka minum minuman keras biasanya rentan sekali terkena penyakit liver.

Gejala-Gejala Penyakit Liver.

Untuk mengetahui anda terkena liver atau tidak, sebaiknya waspadai gejala-gejala berikut dan lakukan tindakan sedari dini untuk liver anda.
  • Mengalami kekuningan pada kulit.
  • Urin berubah warna kecoklatan seperti teh.
  • Mudah kehilangan berat badan secara drastis.
  •  Cepat kehilangan selera makan.
  • Sering mengalami mual.
  • Sering mengalami muntah.
  • Mengalami Diare.
  • Warna Feces(BAB) yang pucat.
  • Sering mengalami nyeri perut di bagian kanan atas.
  • Sering mengalami tidak enak badan dan kurang bersemangat.
  • Mudah mengalami lelah ketika bekerja.
  • Mengalami demam ringan.
  • Mengalami pembesaran pembuluh darah.
  • Mudah sekali mengalami kelelahan.
  • Tingkat kadar gula menjadi rendah.
  • Mengalami pegel-pegel dan sakit otot.
  • Mengalami gatal-gatal.
  • Gairah seks mengalami penurunan.
  • Sering mengalami depresi.

Sungguh untuk jenis penyakit liver ini sangat berbahaya jika kita membiarkannya begitu saja atau kita salah dalam penangan dan pengobatannya. Tapi anda tidak perlu khawatir, sebenernya banyak sekali obat yg bisa menyembuhkan jenis penyakit liver ini namun kita harus tau kalau belakangan ini banyak sekali prodak obat obatan pabrik dari luar negeri yg bisa anda dapatkan diwarung atau di apotik, obat obatan yg ada saat ini kemungkina besar dibuat dari bahan bahan kimia yg memang sangat terasa efeknya namun memiliki efek samping yang justru dapat menimbulkan penyakit yang lebih beresiko, karena tau sendiri bahan kimia yang terkandung didalam obat sangat kurang bisa diterima tubuh kita dan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan jenis penyakit baru yang lebih berbahaya seperti kanker. 
Untuk itu mulai saat ini sudah seharusnya kita bisa memilih jenis pengobatan yang lebih alami  aman untuk mengobati penyakit Liver yang diderita.Obat herbal alami yang dijamin kealamiannya yaitu dengan menggunakan temu lawak sebagai pengobatan penyakit liver anda. 


Kandungan dan khasiat Temu Lawak 

http://indragp2009.files.wordpress.com/2009/12/temulawak.jpg

Berdasar hasil penelitian  seorang guru besar Universitas Padjajaran (UNPAD), ekstrak temulawak sangat manjur untuk pengobatan penyakit hati . Di samping itu, juga sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati. Semua khasiat itu adalah berkat adanya kandungan kurkumin, yakni zat yang berguna untuk menjaga dan menyehatkan hati atau lever atau istilah medisnya hepatoprotektor. Tidak heran, sebab komposisi kimia dari rimpang temulawak adalah protein pati sebesar 29-30 persen, kurkumin satu sampai dua persen dan minyak atsirinya antara 6 hingga 10 persen. bahkan di amerika sudah dipatenkan produk obat herbal yang bahan nya terbuat dari temulawak.

Dan yang pasti temulawak memang merupakan obat tradisional yg sudah digunakan oleh masyarakat jaman dahulu sebagai salah satu bahan obat yg ampuh dan sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Untuk itu pastikan anda mencoba dan niscaya keluhan dan derita penyakit anda akan bertahap sirna. 

Selama ini kebanyakan orang akan membeli obat obatan kimia untuk penyembuhan penyakit livernya yang pada akhirnya obat kimia tersebut hanya  bisa mengobati Liver secara sementara, namun akan mengalami masalah baru  di organ lain pada anda, karena biar bagaimanapun juga  zat kimia yang masuk kedalam tubuh kita tidak aka bisa diolah tubuh kita, yg pada akhirnya mengendap dan menimbulkan jenis penyakit baru yang lebih berbahaya seperti jantung, ginjal, penyaki hati dan lain lain. 

Mereka seolah terhipnotis oleh produk-produk pabrik itu dan tanpa pikir panjang menghabiskan banyak dana untuk membelinya. Tidak heran, sebab trend-nya sekarang adalah herbal medicine, yakni memanfaatkan tanaman tradisional sebagai obat. Padahal akan lebih baik lagi apabila kita mengonsumsi tanaman itu langsung dari racikan sendiri. Selain lebih murah, keamanannya bisa dikontrol.
  
http://jahemerahkaromah.files.wordpress.com/2011/05/obat-kimia.jpg
Cobalah Anda membaca brosur atau aturan pakai pada obat-obatan kimia, Anda akan menemukan serentetan efek samping yang bisa Anda alami jika mengonsumsinya.
Tapi berbeda halnya dengan suplemen Herbal, Anda tidak akan menemukan efek samping ketika mengonsumsinya. Dan jika ada toh, efek samping yang ada sebenarnya hanyalah merupakan proses penyembuhan karena tubuh telah menerima “makanan” dengan kadar sangat tinggi atau sering disebut dengan DETOXIFIKASI..

Bagi masyarakat di pulau Jawa, nama temulawak pasti tidak asing lagi. Di daerah Jawa Tengah, tanaman bernama Latin Curcuma xanthorhiza Roxb ini dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mencampurkan tanaman bersama gula dan kunyit, lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan sebuah rasa tersendiri.

Secara klinis, khasiat tumbuhan asli Indonesia ini bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang memang membangkitkan selera makan, membersihkan perut dan memperlancar ASI.

Lebih dari itu, menurut seorang guru besar Universitas Padjajaran (UNPAD), berdasar hasil penelitian, ekstrak temulawak sangat manjur untuk pengobatan penyakit hati . Di samping itu, juga sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati. Semua khasiat itu adalah berkat adanya kandungan kurkumin, yakni zat yang berguna untuk menjaga dan menyehatkan hati atau lever atau istilah medisnya hepatoprotektor. Tidak heran, sebab komposisi kimia dari rimpang temulawak adalah protein pati sebesar 29-30 persen, kurkumin satu sampai dua persen dan minyak atsirinya antara 6 hingga 10 persen.

Dan perlu kita tau bhwa Zat aktif temulawak untuk obat lever, antikanker, serta jantung dipatenkan pihak asing di Amerika Serikat. Temulawak merupakan jenis tanaman asli Indonesia dan jika dijadikan sebagai zat aktif obat-obatan oleh sebuah negara yang terbilang mengenal dunia medis cukup tinggi.

1 comments:

  1. Memang Indonesia menyimpan khasanah pengobatan yang luar biasa, di antara manfaat herbal seperti temulawak, kunir putih dll, untuk penyakit liver juga obat kanker , makasih manfaat banget..

    BalasHapus