Kamis, 04 Oktober 2012

RUTENG,FBC-Daya Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Bumi Ulumbu Manggarai diujicoba hingga ke wilayah Manggarai Timur (Matim) dan Aimere Kabupaten Ngada. Dengan begitu daya 5 MW yang dikerjakan pada tahap pertama ini sudah bisa di manfaatkan, disamping  PLN terus memperluas jaringan dan melakukan pembenahan jaringan rusak dalam kota  Ruteng dan sekitarnya.
“PLTP Ulumbu sudah pernah kita lakukan uji coba ke wilayah Kabupaten Manggarai Timur dan Aimere Kabupaten Ngada, “jelas Manajer PLN Cabang Ruteng, Moses M. Seran kepada FBC disela-sela acara penandatangan Memorandum of Understanding (MOU)  Ijin Prinsip Pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Wae Racang, Kecamatan Rahong Utara  antara Pemda Manggarai dengan PLN Pusat melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) PLN Pusat di Kantor Bupati Manggarai baru-baru ini.
 
Dijelaskan Seran, dengan beroperasinya daya 5 MW PLTP Ulumbu ini, maka kebutuhan listrik masyarakat sudah mulai teratasi. Hanya saja, kata Seran, masih banyak yang perlu dibenahi diantaranya perluasan jaringan dan perbaikan jaringan-jaringan yang rusak terutama dalam kota Ruteng. “Saat ini kami berupaya perluasan jaringan di semua wilayah Kecamatan di  Kabupaten Manggarai, sehingga PLTP Ulumbu segera dinikmati masyarakat,”katanya.
Bupati Manggarai, Drs. Christian Rotok menegaskan, PLTP Ulumbu untuk daya  5 MW sudah bisa dinikmati masyarakat. Karena itu, masyarakat tidak saja menuntut perluasan jaringan tetapi ada kewajiban-kewajiban masyarakat yakni merelakan tanaman atau pohon yang dilalui jaringan listrik untuk di tebang, sehingga bila terjadi angin kencang
pohon-pohon yang tumbang tidak  menimpa jaringan listrik karena resikonya selain listrik padam juga bisa membuat mesin jebol.
“Saya minta kesadaran masyarakat menjaga jaringan listrik ini dengan merelakan pohon-pohon yang ada di sekitar jaringan listrik untuk ditebang  guna menghindari terjadinya kerusakan mesin,”kata Bupati Rotok.
Selain itu, satu lagi potensi pembangkit listrik yang akan di bangun yakni PLTA Wae Racang di Kecamatan Rahong Utara dengan daya 16 MW atau 1,6 juta w.”Rencana  pembangunan PLTA Wae Racang tentu diharapkan dapat selesai dikerjakan sesuai  rencana  demi memenuhi kebutuhan listrik masyarakat,”ujarnya.
Sementara itu, Doni Marnanto dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) PLN Pusat menjelaskan, PLTA Wae Racang sudah melalui proses penelitian dan studi kelayakan dan hasilnya memang layak untuk dibangun. Potensi daya Wae Racang sendiri yaitu 16 MW dan alokasi anggaran untuk pembangunan ini senilai kurang lebih Rp. 4 miliar.
 
Sumber: http://www.floresbangkit.com/2012/05/daya-pltp-ulumbu-diujicoba-hingga-matim-dan-aimere/

0 comments:

Posting Komentar